Perdagangan Bebas

Pada artikel kali ini membahas tentang perdagangan bebas. Berikut ini pembahasan tentang perdagangan bebas

A. Pengertian Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas merupakan suatu perdagangan yang tidak ada hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.(wikipedia)

Perdagangan internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Walaupun secara teori, seluruh hambatan-hambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar demi mendapatkan keuntungan yang besar.

B. Sejarah Perdagangan Bebas

Sejarah dari perdagangan bebas internasional adalah sejarah perdagangan internasional yang memfokuskan pengembangan dari pasar terbuka. Diketahui bahwa bermacam kebudayaan yang makmur sepanjang sejarah yang bertransaksi dalam perdagangan. Berdasarkan hal ini, secara teoritis rasionalisasi sebagai kebijakan dari perdagangan bebas akan menjadi menguntungkan ke negara berkembang sepanjang waktu. Teori ini berkembang dalam rasa modernnya dari kebudayaan komersil di Inggris, dan lebih luas lagi Eropa, sepanjang lima abad yang lalu. Sebelum kemunculan perdagangan bebas, dan keberlanjutan hal tersebut hari ini, kebijakan dari merkantilisme telah berkembang di Eropa di tahun 1500. Ekonom awal yang menolak merkantilisme adalah David Ricardo dan Adam Smith.

Ekonom yang menganjurkan perdagangan bebas percaya kalau itu merupakan alasan kenapa beberapa kebudayaan secara ekonomis makmur. Adam Smith, contohnya, menunjukkan kepada peningkatan perdagangan sebagai alasan berkembangnya kultur tidak hanya di Mediterania seperti Mesir, Yunani, dan Roma, tapi juga Bengal dan Tiongkok. Kemakmuran besar dari Belanda setelah menjatuhkan kekaisaran Spanyol, dan mendeklarasikan perdagangan bebas dan kebebasan berpikir, membuat pertentangan merkantilis/perdagangan bebas menjadi pertanyaan paling penting dalam ekonomi untuk beberapa abad. Kebijakan perdagangan bebas telah berjibaku dengan merkantilisme, proteksionisme, isolasionisme, komunisme dan kebijakan lainnya sepanjang abad.

C. Ancaman Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas merupakan sistem yang dimanfaatkan oleh negara maju untuk memonopoli perekonomian negara berkembang dengan menanamkan paham Neoliberalisme dan Imperialisme. Indonesia seharusnya lebih meningkatkan kualitas perekonomiannya sebab Indonesia masih belum mampu untuk melakukan perdagangan bebas. Hal itu disebabkan oleh terbatasnya kualitas sumber daya menusia, produktivitas yang minim dan etos kerja yang malas serta kurang disiplin. Pihak yang mendapatkan keuntungan besar dalam perdagangan bebas adalah para investor, akibatnya rakyat indonesia hanya menjadi buruh kasar bagi investor asing dengan upah yang sangat minim.

Banyak pengusaha industri kecil yang gulung tikar akibat perdagangan bebas tersebut.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal tersebut disebabkan oleh murahnya produk yang ditawarkan oleh investor asing tersebut dengan kualitas yang baik meskipun produknya sama. Walaupun persentase pertumbuhan ekonomi indonesia naik sekitar 7% hal itu hanya menguntungkan pengusaha besar saja. Sementara itu, produk indonesia sendiri mengalami kesulitan untuk menjual produk mereka akibat harga bahan baku mahal sehingga terjadi perbedaan harga yang cukup tinggi dengan produk asing.

About Januar Herdyanto

Hello, saya Herdy. tinggal di Bekasi. saya suka menulis, browsing, dan gamer.

Posted on 20 April 2012, in Tak terkategori and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: