Angkatan Kerja dan Pengangguran

Sebelum membahas angkatan kerja kita lihat dahulu apa itu tenaga kerja.

A. Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja.

Menurut UU No. 13 tahun 2003 Bab I pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa:

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.”<sumber>

B. Angkatan Kerja

Angkatan Kerja menurut Soemitro Djojohadikusumo didefinisikan sebagai bagian dari jumlah penduduk yang mempunyai pekerjaan atau yang sedang mencari kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang produktif. Bisa juga disebut sumber daya manusia.<sumber>

Setiap angkatan kerja biasanya mendaftar sebagai tenaga kerja di berbagai lapangan pekerjaan. Kenaikan jumlah penduduk terutama yang termasuk golongan usia kerja akan menghasilkan angkatan kerja yang banyak pula. Akan tetapi, jumlah penduduk yang banyak tidak selalu memberikan dampak yang positif terhadap kesejahteraan. Banyak sekali angkatan kerja di indonesia yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini mungkin disebabkan oleh rendahnya kualitas pendidikan dan kurangnya informasi. Selain itu, penyebab lain angkatan kerja di Indonesia sulit mendapat kesempatan kerja karena perusahaan sangat selektif untuk memperoleh pekerja sesuai dengan kualitas keahlian yang dibutuhkan.

C. Pengangguran

Pengangguran di Indonesia bisa digolongkan cukup tinggi. Banyak sekali angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Padahal, jika mereka bisa melihat peluang usaha yang ada maka patut untuk dikerjakan. Berwirausaha itulah kunci mengatasi masalah pengangguran tersebut.

Kesempatan kerja dijamin di dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat (2) yang berbunyi, “Tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Walaupun mencari kerja itu susah-susah gampang akan lebih baik jika kita berwirausaha, berdagang misalnya. Mentalitas tenaga kerja di indonesia hanya “dipaksa” menjadi pegawai/karyawan berbeda dengan negara lain yang mendukung penuh para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dibanding pekerjaannya sebagai karyawan. Banyak sekali bisnis wirausaha yang dapat dilakukan. Dari berdagang sampai hobi yang dimiliki pun bisa memperoleh penghasilan yang cukup tinggi. Mengingat banyak pengusaha yang memiliki pendidikan rendah justru memiliki penghasilan yang cukup tinggi dibanding dengan mereka yang berpendidikan.

About Januar Herdyanto

Hello, saya Herdy. tinggal di Bekasi. saya suka menulis, browsing, dan gamer.

Posted on 20 April 2012, in Tak terkategori and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: